Day 19, Senin 22 Juni 2015 Karena minggu lalu programnya masih direset manual kalo ada kesalahan, hari ini saya membuat modul trackin...

KP Week 5: Komponen

Day 19, Senin 22 Juni 2015

Karena minggu lalu programnya masih direset manual kalo ada kesalahan, hari ini saya membuat modul tracking bisa reset sendiri kalo ada kesalahan, kalo koneksi terputus, dan looping-looping lainnya. Kemudian saya mencobanya di dekat jendela kantor. Program bisa reset otomatis kalau ada yang salah, tapi data GPS tidak bisa didapat. Udah itu aja. Oh, juga ada kabar mengejutkan. Pak arkan mau dipindah ke proyek lain setelah lebaran, jadi siapa yang akan meneruskan proyek ini sementara saya sudah tidak KP?


Day 20, Selasa 23 Juni 2015

Oke, program reset otomatis sudah bisa bekerja. Sekarang saatnya pengujian modul tracking benar-benar di luar gedung seperti minggu lalu. Bedanya hari ini saya hampir setengah hari di luar kantor. Saya mencoba mencari data GPS di teras masjid agar terdeteksi satelit. Modul Tracking FMS saya letakkan di halaman masjid dengan kabel power supply yang teruntai panjang sementara saya berteduh di teras. Sesekali saya lihat di LCDnya, Modul Tracking FMS itu berhasil mengirimkan data GPS ke server. Sesekali juga saya edit-edit programnya tapi akhirnya saya kembalikan lagi ke program semula. Kemudian saya santai-santai menunggu dhuhur, padahal itu masih jam 11.

Setelah dhuhur, Pak Arkan mengadakan rapat kecil-kecilan. Dalam rapat tersebut kami membahas apa yang akan dilakukan setelah ini karena modul trackingnya sudah berhasil bekerja. Nah, yang dilakukan setelah ini adalah melengkapi modul tracking dan menambah jumlahnya jadi 2. Maka dari itu, perlu tambahan komponen untuk client: Arduino(1), Baterai Li-Po 7-12 V 5000mAh (2), Chargernya, LCD 16x2(1), Breadboard(1), Jack DC (2), Saklar, Jumper, Casing, kartu Indosat berpaket internet, dan antenna GPS yang lebih kuat. Komponen Client semua saya yang cari sementara Pak Arkan melengkapi server agar lebih mumpuni dengan menambah RAM dan VGA. Rapat akan dilanjutkan di keesokan hari dengan sedikit laporan modul tracking.


Day 21, Rabu 24 Juni 2015

Permasalahan si modul tracking tidak ada yang aneh-aneh lagi karena sepertinya semua sudah dibahas di hari-hari sebelumnya. Kami rasa sudah cukup dengan meng-upgrade-nya dengan komponen-komponen kemarin.

Tugas saya dikembalikan ke pengerjaan Peta digital, yaitu menambah beberapa fitur yaitu: Data grid, Penambahan banyak marker, transparansi arker, dan lain-lain. Semua itu dikerjakan sembari mencari baterai yang cocok untuk si modul tracking. Kalau bisa langsung pesan. Di sini lah saya kenal Pak Sukirman Central Electronics. Melalui WA, saya menanyakan stok komponen yang saya perlukan kemudian memesannya. Di Central Electronics, komponen yang kami perlukan untuk modul tracking ada semua kecuali baterai, charger, dan saklar. Kata Pak Arkan, chargernya harus cocok dengan baterai. Mencarinya kalo udah dapet baterainya. Eh, kartu indosat juga belum.


Day 22, Kamis 25 Juni 2015
Berkutat lagi dengan software peta digital. Hari ini saya berhasil membuat datagrid, berhasil membuat fungsi add marker, dan background marker berhasil transparan. Tidak semudah itu mentransparankan background objek (.png) di Visual studio C#. Kemudian dilanjutkan mencari-cari baterai lagi. Tapi masih ada masalah lain, antarmarker backgroundnya tidak transparan, transparannya cuma ke peta.


Day 23, Jumat 26 Juni 2015
Hari ini melanjutkan permasalahan peta digital sembari cari baterai dan charger yang tak kunjung ada kejelasan.