Day 24, Senin 29 Juni 2015 Peta digital belum selesai fitur tambahannya, Pak Arkan menambah pekerjaan lain agar tidak bosan berputar-pu...

KP Week 6: Belanja

Day 24, Senin 29 Juni 2015
Peta digital belum selesai fitur tambahannya, Pak Arkan menambah pekerjaan lain agar tidak bosan berputar-putar di peta digital, yaitu menambah fitur client menerima pesan dari server yang ditampilkan di LCD. Tapi saya mengerjakan peta digital dulu. Saya mencoba mengatur transparansi marker yang tumpang tindih dari jumat lalu.
Setelah dhuhur, peta digital belum bisa seperti yang diinginkan. Saya mencoba beralih ke client, modul tracking lagi. Idenya sudah ada, yaitu membuat timer interrupt memeriksa apakah ada kiriman data dari server. Tapi dalam pembuatannya cukup susah juga. Mungkin hari ini saya kebetulan sedang agak malas, mungkin sudah bosan duduk di sini terus. Program ini pun belum berhasil. Tidak ada hasil hari ini.

Day 25, Selasa 30 Juni 2015
Sementara bulan Juni sudah akan berakhir, saya masih berkutat dengan marker peta digital seperti kemarin. Tidak ada hubungannya memang.  Hari ini juga tambahan anggaran yang diajukan Pak Arkan kemarin langsung direview sama Pak Bos. Rencana awal kami menggunakan casing dari kardus bekas diganti mencadi enclosure box plastik yang lebih baik. Kardus bekas itu ide saya sih. Di sini terlihat perbedaan antara produk yang dihasilkan perusahaan dengan produk yang dihasilkan mahasiswa.
Berikutnya, saya melanjutkan menambahkan tooltip pada tiap marker yang ditambahkan, dan berhasil tapi butuh waktu utk update. Beberapa saat kemudian tiba-tiba ada yang lewat di otak saya. Saya mengakali transparansi yang tak kunjung berhasil itu dengan bringtoFront marker yang posisinya lebih di bawah. Yeah. Setelah itu berhasil, saya melanjutkan mencari baterai di toko online dan web-web hobi-hobi mainan.


   
Bandung DigiMap by dfsyahbana

Day 26, Rabu 1 Juli 2015
Hari ini saya sudah menemukan baterai yang cocok di toko online dan stoknya ada. Saat itu juga langsung saya pesan 2 buah. Kemudian Pak Arkan menjelaskan kepada saya bentuk laporan yang beliau minta, tidak terlalu formal, cukup semacam summary Peta Digital dan Modul Tracking.
Hari ini saya mencoba lagi membuat modul tracking dapat menerima string data dari server. Sebenarnya ini sudah masuk ke scheduling, Pak Arkan tidak terlalu memprioritaskannya. Jaringan Indosat sempat bermasalah, internet di HP saya pun begitu.    

Day 27, 2 Juli 2015
Inilah hari di mana saya dan Pak Arkan keluar kantor. Setelah beberapa barang dipesan, kami menuju Jaya Plaza untuk mengambilnya. Sesaat sebelum berangkat, saya sempat membuka e-mail, ternyata stok baterai yang kemarin dipesan tinggal 1. Dengan sigap saya cari yang lain. Karena sudah ada cadangan, dengan cepat saya dapat yang lain. Katanya stoknya ada 2. Pas.
Kami berangkat ke Jaya Plaza naik motor. Pak Arkan yang mengemudikan dan saya dibonceng memangku CPU Server yang akan diupgrade. Di saku, Saya membawa breadboard dan GSM/GPS Shield yang nanti akan dicarikan kotak casingnya. Selama di perjalanan saya menghubungi toko hobi RC lewat WA langsung memesan baterai.
Sesampainya di Jaya Plaza, ternyata tokonya belum buka, Central Electronics maupun tempat upgrade PC. Mungkin karena kami terlalu pagi. Kami menunggu sejenak duduk di teras Mushala sambil ngobrol-ngobrol. Kami membicarakan sistem korporasi di LEN vs perusahaan yang memakai Key Index Performance. Cukup menarik, bisa dijadikan gambaran nanti kalau saya mau cari kerja. Pak Arkan juga memberi tahu kalau ada pihak ketiga yang mengerjakan proyek bersama LEN, yaitu kebanyakan perusahaannya dosen ITB.
Setelah beberapa saat membicarakan banyak hal, kami menuju toko yang kami tunggu bukanya. Masih satu toko yang buka, upgrade PC server. Pak Arkan yang menunggu di sana, saya menuju toko yang lain mengambil pesanan barang, tapi menunggu tokonya buka dulu. Saya mencari kotak casing juga. Tiba-tiba bapak penjual baterai memberi tahu, stok baterainya tinggal 1. Yasudahlah, 1 yang lain terpaksa beli di toko online. Kami mengambil baterai di Piset Mall di Jl. Peta. Mall yang cukup sepi. Setelah semua beres, kami menuju ke tempat pangiriman barang untuk mengambil pesanan Pak Arkan untuk servernya. Sangat jauh dari Jaya Plaza.
Kami tiba kembali di LEN sekitar setengah satu siang. Setelah ishoma, kami memeriksa kembali barang-barang yang tadi didapat. Hasilnya, ada barang yang salah. GSM/GPS Shield yang tadi di saku jaket saya sedikit bermasalah, salah satu kapasitornya lepas dan kakinya patah. Mungkin karena sedikit terjepit CPU yang saya pangku.  

Day 28, 3 Juli 2015
Karena ada peristiwa di hari sebelumnya, saya ke Jaya Plaza lagi menukarkan komponen yang salah. Saya diizinkan datang terlambat untuk menukarkan komponen dan membeli kapasitor baru. Saya baru datang di LEN jam setengah 12 kurang sedikit.
Setelah Jumatan, saya mencoba-coba memakai charger baterai Li-Po yang perlu beberapa pengaturan. Mungkin sudah banyak teman-teman yang pernah memakai charger Imax B6 atau sejenisnya, tapi saya baru pertama kali ini. Pagi tadi ternyata internet LEN sedang mengalami gangguan. Ketika kami mencoba lagi, client modul tracking tidak bisa terhubung ke server. Sampai jam pulang kantor pun masih belum bisa. Padahal minggu depan akan dilakukan pengujian dengan skala yang lebih besar.