Hari kedua dimulai. Sebelas kilometer perjalanan dari kosan ke Len saya perkenalkan ke sepeda saya, walaupun sudah sering lebih d...

KP day 2: Introduction to The Project (Fleet Management System) & Introduction to 11 km



Hari kedua dimulai. Sebelas kilometer perjalanan dari kosan ke Len saya perkenalkan ke sepeda saya, walaupun sudah sering lebih dari itu. hehe. Sempat melewati kampung yang saya tidak tahu di mana itu, dan itu bukan jalan biasanya, akhirnya saya sampai di PT. Len Industri dengan punggung basah oleh keringat. Sudah saya persiapkan sebelumnya, kemeja untuk kerja praktik belum saya pakai di perjalanan berangkat dari kosan. Singgah dulu di saung smoking area untuk sarapan dulu, ketemu Jefery dan Kwo, sebelum ke ruangan Pustekin, ruangan RnD di Len tempat kerja praktik. 

Sampai di ruangan, ternyata di seberang meja tempat saya kerja praktik ada Nur Adhinugraha, Power 2011, rekan tim Palapa yang dulu sempat menjadi calon koordinator. Di Len, dia mengerjakan tugas akhirnya tentang mobil listrik, walaupun tidak setiap hari dia ke Len. Ternyata juga, Pak Arkan Sang Pembimbing sudah datang di tempatnya, sudah ada tas dan jahimnya di meja kerjanya, tepat di sebelah saya. Bangga sekali sepertinya menjadi anggota HME ITB sampai suda kerja saja jaket himpunannya masih dipakai walaupun dibalik.

Fleet Management System

Pagi itu dimulai dengan presentasi proyek yang akan saya kerjakan, yang sudah dalam progress dari 6 bulan yang lalu. Karena mahasiswa KP di bawah bimbingan Pak Arkan ternyata cuma saya seorang, maka langsung saja mulai perkenalan proyeknya. Proyek itu bernama "Fleet Management System" (FMS)FMS adalah sebuah sistem untuk mengatasi masalah transportasi umum. Dengan FMS ini, kita dapat mengamati seluruh transportasi umum yang sudah terintegrasi nantinya. Terdapat beberapa poin dalam FMS ini untuk meningkatkan teknologi transportasi umum, antara lain: tracking, monitoring, maintenance, dan security. 
  • Tracking transportasi umum menggunakan GPS untuk mengetahui posisinya di mana, dilihat pada peta. 
  • Monitoring untuk melihat kecepatan kendaraan, putaran motor, level bahan bakar, dan lain-lain. Bukan hanya di kendaraannya langsung, tetapi juga dapat diamati dari sebuah command center, seperti yang sudah dibuat Pak Ridwan Kamil. 
  • Fungsi Maintenance digunakan untuk mengamati parts kendaraan yang mungkin sudah berumur, track record kendaraan tersebut, dan mengganti parts tersebut di terminal terdekat. 
  • Security untuk mengatasi perbuatan kriminal dalam transportasi umum, dan bahkan dapat menginterupsinya agar tindak kriminal atau lainnya tersebut tidak berlanjut.
Implementasinya adalah dengan memasang kit, sensor, aktuator, dan lain-lain pada tiap kendaraan transportasi umum untuk mengambil data-data pada kendaraan tersebut lalu mengirimkannya ke server. Di sinilah nanti dapat dilihat tiap-tiap kendaraan yang mempunyai kode masing-masing untuk diamati kondisinya untuk kemudian dapat ditentukan tindak lanjut apa yang menangani data-data tersebut. Untuk memudahkan operator mengamatinya, dibuat juga GUI untuk masing-masing fungsi tracking, monitoring, maintenance, dan security. Fleet Management System diharapkan dapat membuat banyak orang beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi umum sehingga masalah seperti kemacetan dapat diatasi.

Nah, tahap awal saya di proyek ini adalah mempelajari jaringan komputer untuk komunikasi data dalam FMS. Hari ini saya mempelajari Modul GSM/GPS/GPRS DFRobot yang dipasang di Arduino Uno. Saya disuruh menggunakan komunikasi serial langsung dari laptop ke modul GPS itu memakai AT Command. Banyak hal baru yang harus dipelajari dulu, for the first time in forever saya belajar tentang jaringan komputer. Btw, for the first time in forever lainnya, saya pakai 2 layar monitor, dipinjami Pak Arkan. Beberapa jam kemudian masih belum bisa. Setelah ishoma lanjut lagi masih belum bisa.

Setelah sholat Ashar mencoba lagi dan lagi akhirnya berhasil juga dibantu Pak Arkan. Troubleshoot memang sulit ya. Ada beberapa switch yang harus diubah-ubah untuk mengaktifkan mode-mode tertentu. Coba-coba lagi ternyata sudah maghrib. Pak Arkan mau ngelembur katanya. Saya pulang dulu ya Pak.





26 Mei 2015