Musim yang bergeser karena El Nino telah membuat hujan tak kunjung turun di Indonesia. Entah bencana atau ujian yang dihadapi oleh I...

Hujan dan Rindu




Musim yang bergeser karena El Nino telah membuat hujan tak kunjung turun di Indonesia. Entah bencana atau ujian yang dihadapi oleh Indonesia akhir-akhir ini. Bencana, ketika masyarakat yang tertimpanya adalah masyarakat yang kufur akan nikmat-Nya. Ujian, ketika masyarakat yang diberi adalah masyarakat beriman, yang sedang diuji keimanannya. Kebakaran hutan yang melanda Sumatera dan Kalimantan sepertinya tidak akan seheboh itu jika ada hujan rutin walaupun seharusnya kebakaran hutan ya dihindari dong. 

Kebakaran hutan di Sumatera dan Kalimantan, entah terbakar atau sengaja dibakar. Sawah-sawah kekeringan sehingga para petani tak tahu harus berbuat apa. Pohon-pohon meranggas menggugurkan daunnya. Di daerah lain di Indonesia, Nusa Tenggara misalnya, bahkan merasakan dampak kekeringan yang luar biasa sangat akibat hujan yang pergi diculik El Nino. Air tanah hampir sulit didapatkan, membuat anak kos-kosan disuruh oleh ibu kos laundry di luar demi hemat air, padahal biasanya mencuci sendiri (ini saya). Sungai-sungai kecil juga kering membuat rencana praktik lapangan tim Palapa terpaksa dipindahkan. Itu merupakan beberapa contoh lain akibat tidak kunjung turunnya hujan akhir-akhir ini. Sampai-sampai masyarakat di berbagai penjuru menggelar shalat Istisqa' (shalat minta hujan). 

Alhamdulillah, akhirnya hujan turun lagi. Kerinduan akan hujan telah terobati. Mulai rutin lagi. Anak-anak bisa dengan bahagianya hujan-hujanan lagi. Kita akan kembali merasakan aroma "petichor" lagi. Kita akan kembali merasakan ketenangan, kesejukan, syahdu, keromantisan, dan mungkin panik karena jemuran kehujanan. 

Hutan rindu hujan
Tanah rindu hujan
Pohon rindu hujan
Masyarakat rindu hujan
Pak Tani rindu hujan
Ibu kos rindu hujan
Kamu rindu hujan
Aku rindu kamu
Eh..


Ini adalah kedua kalinya posting tentang hujan di blog ini, yang pertama : Klik ini

Sumber gambar: https://fadingmeta.files.wordpress.com/2013/06/aeta-kids-running-rain.jpg