Bandung memang kota dengan walikota yang keren. Salah satu hasil kerjanya yang terlihat adalah taman-taman di kota Bandung yang berub...

Taman-taman di Kota Bandung


Bandung memang kota dengan walikota yang keren. Salah satu hasil kerjanya yang terlihat adalah taman-taman di kota Bandung yang berubah menjadi apik, terawat, unik, dan bertema. Ada di antaranya yang baru dan hasil revitalisasi taman yang lama. Hari ini (31 Desember 2014) aku bersepeda keliling kota Bandung menikmati beberapa taman itu. 

1. Taman Jomblo
Sebenarnya namanya Taman Pasupati. Disebut Taman Joblo karena di sana tempat duduk yang ada hanya untuk 1 orang saja. Taman ini terletak di bawah jalan layang pasupati di perempatan Baltos.


2. Taman Film
Taman tidak jauh dari taman jomblo. Juga di bawah jalan layang pasupati tapi sedikit ke barat. Di sini tempat nobar Persib juara ISL kemarin. Film yang diputar di sana adalah film-film pendek karya anak Bandung. Penonton dimanjakan dengan rumput sintetis yang empuk. Dilarang merokok di sana, dan jagalah kebersihan.

3. Taman Lansia

Mungkin taman ini dikhususkan untuk para lansia. Tapi itu hanya namanya saja. Di sana banyak juga pengunjung yang masih muda. Ada yang pacaran, ada keluarga yang piknik, ada bule yang main hp, dan ada seseorang yang sendirian datang ke sana dengan sepeda. Terletak di Jalan Cilaki, dekat Gedung Sate.
Acara untuk para lansia (?)

Ada tanaman untuk menghias taman
Kolam retensi untuk banjir.
Diresmikan oleh Walikota beberapa menit setelah aku pergi dari sana
Di Google banyak fotonya yang sudah bagus. Haha
Park Rangers mengepel taman















































4. Taman Kandaga Puspa
Bersebrangan dengan Taman Lansia, di taman ini banyak tanaman yang lebih menarik. 

Piknik Keluarga Besar

Ada anak-anak yang main gadget. Gadget di mana-mana
































Katanya di depan taman ini adalah tempat naik bus Bandros yang keliling Bandung itu. Tapi tadi lupa tentang itu. Jadi ya tak sempat aku melihat dan menaiki bus itu.

5. Taman Musik

Taman ini letaknya di depan SMAN 5 Bandung. Ada satu panggung yang mungkin dipakai pertunjukan yang bisa ditonton dari tribun penonton yang melingkarinya. Ada juga satu lapangan basket sekaligus futsal.

6. Taman Lalu lintas
Ini bukan sekedar taman. Taman yang ini lain daripada yang lain. Perbedaannya dari taman lainnya adalah ada tiket masuknya, 6000 rupiah. Hiks. Ternyata taman ini adalah taman bermain untuk anak-anak. Ada prosotan, ayunan, patung binatang, trampolin, kereta mini, kolam renang, dan lain-lain. Khusus untuk anak kecil. Orang-orang dewasa atau orang tuanya bisa piknik di sini sambil mengawasi anaknya bermain. Sesuai namanya, di taman ini juga ada rambu-rambu lalu lintas untuk belajar anak-anak.





7.  Taman Maluku
Di taman inilah terdapat patung pastor yang katanya horror itu. Persisnya di Jalan Ambon. Sepi, siang tadi tidak ada orang di taman ini dilihat dari jalanan luar. Aku tidak masuk ke taman ini. Bukannya takut, tapi lebih tepatnya karena tidak menemukan pintu masuk ke taman ini. Haha.

8. Taman Pramuka
Terletak di Jalan Riau, sepertinya taman ini merupakan tujuan para pramuka beraktivitas. Bagus juga monumen tunas kelapanya.
Semaphore



9. Taman Masjid Raya Bandung

Baru selesai Desember 2014 ini, baru saja diresmikan oleh pak Walikota hari ini, tanggal 31. Sebelumnya sudah ramai pengunjung, walaupun pohon-pohon dan tanaman lain belum tumbuh dan masih banyak tukang bangunan yang sedang finishing. Rumputnya sintetis, jadi harus lepas alas kaki. Piknik, bermain, lari-larian, dan sekedar leyeh-leyeh dapat dilakukan di rumput sintetisnya. Ini ada videonya dari udara:
  

10. Taman Ganesha
Taman ini masih sepi sejak renovasinya beberapa bulan lalu. Tuh, di fotonya sudah bagus. Mungkin karena belum dipublikasikan secara luas dan belum diresmikan. 
Taman ini terletak di Jl. Ganesha depan kampus tercinta, ITB. Dulu, sebelum direnovasi, sempat akan dijadikan obyek proyek angkatan Elektroteknik 2012. Tapi ternyata sudah ada guyuran uang untuk memperbaiki taman ini. Pasti nanti akan banyak mahasiswa ITB yang ke sana. (Ya iya lah tinggal nyebrang)

11. Tamansari

Tamansari bukanlah taman, tapi nama jalan, hahaha. Inilah jalur lingkar luar ITB bagian barat. Pasi macet di sini pas jalan Dago ditutup Car Free Day atau pas ada perayaan tahun baru seperti sekarang. Katanya ada kuntilanak yang terkenal di jalan ini. 


Terima kasih kepada Bapak Walikota Bandung yang telah memberi ruang terbuka bagi masyarakat untuk beraktivitas dan bumi untuk bernafas. Semoga bermanfaat!



0 Komentar: