( lebyus=lebay+jayus, logos=ilmu) Lebyusologi adalah sejenis ilmu iseng yang ditemukan secara iseng-iseng dan tidak sengaja oleh dua orang ...

LEBYUSOLOGI

(lebyus=lebay+jayus, logos=ilmu)
Lebyusologi adalah sejenis ilmu iseng yang ditemukan secara iseng-iseng dan tidak sengaja oleh dua orang lebay dan jayus bernama M.R. Ardian dan D.F. Syahbana.(lebay-nya orang ini adalah lebay puitis)
Lebyusologi ditemukan di pertengahan tahun 2010 sebelum piala dunia digelar. Ilmu ini pertama kali berkembang di dalam kelas X-7 SMAN 3 Malang 2009/2010. Dua orang aneh ini sebelumnya telah mengamati anak-anak kelas tersebut sekaligus guru-gurunya secara tidak sengaja dan bisa dibilang iseng. Hampir semuanya mempunyai sifat humor yang lebay dan jayus.Oleh karena itu, dua orang yang tidak biasa ini mengemukakan beberapa hal tentang sifat humor yang ada dalam masyarakat.

PENGERTIAN
Lebyusologi berasal dari 3 kata, yaitu lebay, jayus, dan logi(logos) yang berari ilmu. Menurut M.R. Ardian dan D.F. Syahbana, lebyusologi adalah ilmu yang mempelajari sifat-sifat humor yang ada dalam masyarakat seperti lebay, lucu alami, jayus, termasuk alay.

HAL HAL YANG DIPELAJARI
Yaitu pengertian lebay, jayus, alay, lucu alami, serta ciri-cirinya termasuk juga hal-hal yang menyebabkan sifat-sifat tersebut.

M.R. Ardian dan D.F. Syahbana membuat 3 kategori dalam Lebyusologi. Jayus, lucu alami, dan Lebay. Kategori tersebut dibedakan melalui tingkatan lebay seseorang yang disebut lebyusitisitas dan alat ukurnya disebut lebyusometer dengan satuan "bay" (tapi tidak tahu bagaimana bentuk alat ini). Lebyusitisitas tersebut adalah sbb:

1-4 bay = Jayus
Sifat ini membuat orang lain sedikit sekali tertawa bahkan tidak ada tertawa satupun.

5-6 bay = Lucu alami
Sifat ini langsung membuat orang lain tertawa, banyak tawa yang membuat orang yang tertawa jadi tenang pikiran dan jiwanya.

7-10 bay = Lebay
Sifat ini bisa tidak menghasilkan tawa karena humor yang dibuat berlebihan atau bisa menghasilkan terlalu banyak tawa tapi malah tidak membuat tenang orang yang tertawa atau tambah stress.


pembahasan lainnya menyusul

2 komentar:

  1. Please describe more about this subject. I'm interested in it.
    And would you mind to define 'alay' and the unit you use to measure (BAY), please ? I am look forward to it.

    Thank you.

    BalasHapus
  2. sek, iku maeng grammar e salah, wkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus