Sepeda Gunung, Bisakah mencapai gunung jika tidak dinaiki? Sebagai anak kuliahan yang punya kesempatan lebih mencari ilmu di perguruan ...

Memberdayakan Masyarakat

Sepeda Gunung,
Bisakah mencapai gunung jika tidak dinaiki?

Sebagai anak kuliahan yang punya kesempatan lebih mencari ilmu di perguruan tinggi, sudah seharusnya kita berbagi sesuatu ke orang lain. Pengabdian masyarakat, yang banyak digembor-gemborkan di banyak perguruan tinggi adalah salah satu bentuk berbagi itu. Pengmas dapat dilakukan dengan Community Service atau Community development. Community service dilakukan dengan memberi bantuan ke sekumpulan orang/ komunitas/ desa/ kampung/ lainnya tapi tidak ada kontrol atau follow-up ke obyek kegiatan setelah dilaksanakannya kegiatan. Sedangkan community development adalah memberikan bantuan dengan cara menjadi katalis atau fasilitator berkembangnya sekumpulan orang/ komunitas/ desa/ kampung/ lainnya. Sekumpulan orang tersebut bisa menjadi mandiri atau bisa mengatasi masalah mereka sendiri setelah kita menjadi fasilitator.

Dalam melakukan community development, setidaknya ada alat untuk kita dalam membantu mengembangkan komunitas. Contohnya kita analogikan dengan sepeda gunung. Jika kita memberikan sepeda gunung ke seseorang tapi orang itu tidak bisa menggunakannya, atau bahkan ditelantarkan, sepeda gunung itu dan orang itu tidak akan bisa mencapai puncak gunung. Oleh karena itu, selain kita berikan alat berupa sepeda gunung, kita juga harus mengajarkan bagaimana mengendarai sepeda gunung kepada orang tersebut agar bisa mencapai puncak gunung. Dengan tidak menyalahkan community service, inilah sebab kenapa selain kita memberikan bantuan berupa alat atau barang atau lainnya, kita juga harus memberdayakan masyarakat bagaimana mereka menggunakan alat itu untuk berkembang sesuai kebutuhan mereka. 

Bilik Sekolah Pengmas

Jumat, 27 Februari 2015
Bilik sekolah pengmas adalah kegiatan yang diadakan oleh KM-ITB untuk "mendidik" himpunan dan badan lain di bawah KM untuk berpengmas dengan community development yang sebenarnya. Bilik sekolah pengmas diawali dengan materi dari IBEKA, salah satu LSM yang bergerak di bidang community development berbasis energi terbarukan. Pembicara materi tentang community development adalah langsung dari founder IBEKA, yaitu Bapak Iskandar B. Kuntoadji, kegiatan dilaksanakan di markas IBEKA di Panaruban, Kab. Subang. Ternyata juga ada Ibu Tri Mumpuni saat itu walaupun cuma sebentar. Beliau lah menganalogikan community development dengan sepeda gunung tadi.  

Kita adalah mahasiswa teknik yang punya keinginan langsung membantu masyarakat dengan keilmuan kita masing-masing. Tapi dalam membantu masyarakat, dalam hal ini community development, porsi bagian tekniknya hanyalah 30% sedangkan sisanya, 70%, adalah bagian sosial dan manajerial, menurut Pak Iskandar. Seperti sepeda gunung tadi, jika kita memberikan hanya hal teknisnya saja, bantuan kita ke masyarakat tidak akan sustain. Perlu perihal sosial dan manajerial untuk mengembangkan masyarakat dalam memanfaatkan, mengelola, merawat barang atau alat yang kita berikan. Dalam melaksanakan community development, terdapat 4 fase utama yang masing-masing mempunyai rentang waktu yang berbeda. Mulai dari Reconaissance (Pengintaian), Concolidation, Self Organizing, sampai Self Reliant. Semua fase ini membutuhkan waktu total minimal 1,5 tahun untuk mendapatkan hasil yang maksimum, itupun kalau berhasil cepat.

Kaya bukan karena harta tapi kaya adalah karena karya yang bermanfaat untuk orang lain

Sebagian besar memang bagian sosial dalam community development ini. Untuk memulai community development, perlu dilakukan pendekatan kepada masyarakat. Bahkan lebih dari itu. Kita harus masuk ke dalam masyarakat itu, menjadi bagian dari masyarakat untuk dapat mengetahui apa yang sebenarnya dibutuhkan mereka. Cara yang paling efektif agar lebih mudah "menjadi" masyarakat adalah kita dapat mengikuti kearifan lokal di daerah tersebut. Apapun yang biasa mereka lakukan kita ikut melakukannya, tapi masih dalam batas-batas agama masing-masing. Masyarakat akan lebih menghargai kita dan akan menganggap kita bagian dari mereka. Kasarnya, hal itu dibutuhkan agar masyarakat tersebut mau mendengar perintah-perintah kita.

Definisi development menurut Pak Iskandar adalah progress dari sesuatu yang sederhana menjadi kompleks. Development dilakukan dengan memanfaatkan local resource, untuk menghilangkan kemiskinan, dan untuk mengeluarkan pengaruh eksternal agar internal masyarakat sendiri yang memimpin. Community development yang digagas oleh IBEKA adalah membangun masyarakat dari lapisan bawah (bottom-up). Untuk membantu orang lain, tidak usah menunggu sampai diri kita mampu dan tidak terikat pada disiplin ilmu. Dengan kemampuan kita seadanya, kita pasti bisa membantu orang lain sekecil apapun itu. Prinsip-prinsip community development dari IBEKA adalah keinginan membangun harus datang dari masyarakat sendiri, participatory, bottom up, dan enhance the range of human choice tanpa diskriminasi. Aduh, apa itu. Haha. Sementara untuk kita, cukup tidak sombong dan "shut up", mendengar aspirasi mereka.

Warna merah harus dilihat sendiri
Rasa asin harus dirasakan sendiri
You'll never know how to use it until you fight for it

Itulah tadi sedikit teori-teori dari Pak Is. Ya, "sedikit". Masih banyak yang belum sempat terekam dalam tulisan seadanya ini. Akan tetapi tidak cukup dengan teori kita hidup di dunia ini. Teori tanpa aksi nyata bukanlah apa-apa karena tidak ada hasil yang benar-benar terlihat. Tapi aksi yang tidak ada tujuannya akan menjadi sia-sia. You'll never know how to use it untul you fight for it.

Jumat siang, kami diajak mengunjungi tempat pengolahan biogas. Proses dari kotoran yang baru saja dikeluarkan oleh sapi sampai menyalakan kompor didemonstrasikan di sana. Kunjungan selanjutnya adalah ke PLTMH Cinta Mekar. Dua Tempat ini adalah produk IBEKA yang cukup berhasil membantu masyarakat.




Jumat sore, kami menuju tujuan utama yaitu desa Ponggang, desa yang masih kental dengan adat istiadatnya. Ada beberapa ritual khusus yang...................

..........(to be continued)