Nih ada tips-tips agar sepeda tetap nyaman dipakai, yang dibahas kali ini adalah tentang perawatan rantainya 1. Umur rantai sang...

Perawatan Rantai Sepeda



Nih ada tips-tips agar sepeda tetap nyaman dipakai, yang dibahas kali ini adalah tentang perawatan rantainya

1. Umur rantai sangat bergantung pada jarak, gaya berkendara, pemilihan rasio gigi, lingkungan, pembersihan, pelumasan, dan kondisi gir sepeda. Oleh sebab itu, kondisi rantai sepeda harus diperiksa secara berkala.

2. Pengotor rantai kebanyakan berupa debu-debu beterbangan di jalanan yang menempel. Kondisi ini dapat menjadi pertimbangan dalam melakukan perawatan dan pelumasan.

3. Beberapa jenis rantai dapat dilepaskan dari sepeda. Rantai jenis ini akan memudahkan dalam pembersihannya. Jika tidak, rantai dapat dibersihkan dengan alat khusus atau menggunakan sikat kecil seperti sikat gigi bekas yang disikatkan ke empat sisi rantai. Selain pembersih khusus, pembersih yang digunakan dapat berbasis deterjen seperti sabun pencuci piring dan degreaser, yaitu pembersih berbasis hidrokarbon.

4. Setelah dibersihkan, pelumasan dapat dilakukan dengan pelumas cair yang diteteskan atau disemprotkan. Lumasi rantai dari arah dalam sehingga pelumas yang berlebih tidak berada di luar dan bisa membuat debu-debu beterbangan menempel. Setelah melumasi, hapus sisa pelumas berlebih dari rantai menggunakan kain.

sumber: salah satu media massa dengan beberapa perubahan


Tapi ternyata ada pembersih rantai mekanik. nih gambarnya:

0 Komentar: