Semakin bertambahnya usia semakin luas pandangan terhadap dunia dan semakin banyak apa saja yang harus dipersiapkan untuk menghadapiny...

Persimpangan Jalan


Semakin bertambahnya usia semakin luas pandangan terhadap dunia dan semakin banyak apa saja yang harus dipersiapkan untuk menghadapinya. Kenyataan yang baru diketahui silih berganti bermunculan. Kenyataan-kenyataan itulah yang kadang menjadi musuh yang harus ditaklukkan, jalan terjal yang harus dihindari, bekal yang harus dibawa, gang buntu yang memaksa kita berbalik arah, sebuah batu sebagai tumpuan meloncat lebih jauh, ataupun persimpangan jalan yang sulit kupilih.

Entah kita terus berada di jalan yang benar yang kita inginkan, atau ke jalan terjal yang tidak kita inginkan, atau bahkan jalan yang tidak kita inginkan namun ternyata memang jalan yang juga benar. Petunjuk-petunjuk harus dikumpulkan terlebih dahulu demi menuju jalan yang benar menghadapi masa depan. Idealisme, egoisme, bahkan cita-cita besar kadang juga harus dibelokkan karena ada petunjuk yang muncul tiba-tiba.

Jalan alternatif haruslah dicari karena rencana manusia hanyalah menjadi sebuah rencana jika tidak disetujui oleh-Nya. Kalau memang tidak sesuai dengan rencana manusia, setidaknya manusia telah berusaha. Karena menyerah berbeda dengan kalah.

0 Komentar: