Bumi gonjang ganjing, langit kelap-kelip, kalau panas tak karuan, kalau dingin menusuk tulang, es di kutub mencair, lapisan ozon menipis da...

Kelebihan Sepeda Pancal dibanding Sepeda Motor

Bumi gonjang ganjing, langit kelap-kelip, kalau panas tak karuan, kalau dingin menusuk tulang, es di kutub mencair, lapisan ozon menipis dan bolong-bolong, hujan asam, dll. Itu semua adalah contoh akibat dari global warming yang menyusahkan kita yang kita buat sendiri. Mulai dari makin banyaknya kendaraan bermotor, penggundulan pepohonan atau daerah hijau, asap pabrik, dll. Nah, kali ini yang saya bahas adalah salah satu solusi mengurangi itu semua, yaitu mengganti penggunaan sepeda motor dengan sepeda pancal (untuk jarak dekat atau jarak jauh pun bisa bagi yang kuat). Berikut ini adalah 8 kelebihan sepeda pancal dibanding sepeda motor...

1.  Menyehatkan
Namanya juga sepeda pancal, pasti dipancal untuk menjalankannya. Memancalnya berarti kita bergerak. Otomatis kita juga berolahraga. Olahraga menjadikan tubuh kita sehat jasmani. Setiap hari minggu pasti ada yang bersepeda, pastinya untuk menjaga kesehatan. Apalagi kalau ada yang ingin diet. Bersepeda pasti bisa membakar kalori, tapi harus rutin. Jadi, bersepeda adalah menyehatkan. 

2. Lebih ramah lingkungan
Dengan diiringi penghijauan atau penanaman pohon, inilah yang menjadi tujuan utama bersepeda jaman sekarang. Sepeda tidak memerlukan bahan bakar minyak yang membuang gas karbon yang nantinya merusak bumi kita. Cuma memerlukan bahan bakar makanan dan minuman untuk pengendaranya. Untuk jarak dekat, lebih baik menggunakan sepeda pancal saja demi keselamatan kita dan bumi kita, jarak jauh juga tidak masalah.

3. Lebih bisa menikmati perjalanan
Kecepatan rata-rata sepeda kira-kira 25 km/jam. Memang, itu sangat pelan. Tapi karena pelan, kita jadi bisa lebiih menikmati perjalanan. Misalnya, kalau kita melewati hamparan sawah dengan pemandangan gunung, pepohonan, dan lain-lain. Otak kita menjadi lebih fresh. Bagus kan? 

4. Lebih ramah kepada orang lain


Dengan kecepatan rata-rata yang memang pelan, selain bisa menikmati perjalanan, saat bersepeda kita juga bisa menyapa orang-orang di perjalanan, yang kenal maupun yang kurang kenal. Juga sudah banyak komunitas sepeda yang membuat kita punya banyak teman. Kalau semuanya bersepeda, semua akan saling menyapa dan dunia ini akan menjadi damai.

5.Bebas beberapa macam biaya
Selain tidak mengeluarkan segelincir uang untuk membeli bahan bakar minyak, para pengguna sepeda pancal juga bebas dari pajak menggunakan jalanan. Tidak seperti mobil dan motor yang harus membayarnya. Lalu, juga bebas dari biaya parkir. Sepeda pancal selalu gratis diparkir di tempat parkir. Walaupun ada yang membayar, mungkin itu hanya 500 perak atau seikhlasnya. Hemat kan?

6. Menyenangkan
Menyenangkan. Ya, itulah yang kita rasakan jika kita bersepeda bersama dengan teman-teman, keluarga, komunitas, dan lain-lain. Hal ini pasti bisa membuat kita menjadi fresh.

7. Trend anak muda
Tau sepeda fixie kan? Sepeda inilah yang menjadi trend anak muda saat ini. Sudah banyak komunitas sepeda fixie di dunia ini. Sepeda fixie bentuknya unik, bisa dimodifikasi sendiri, dan digemari kalangan muda.

8. Romantis
Dua sejoli boncengan naik sepeda motor? Itu sudah biasa... Di dalam mobil? Ngapain tuh?
Sepeda memang terlihat individualis, tapi kalo sejajar berdua jadi lebih romantis. Sepedaan berdua berdampingan menikmati indahnya persawahan dengan pemandangan gunung, waaah. Bisa juga kalau dua sejoli naik sepeda berboncengan pasti unik dan lebih romantis. Ada sepeda onthel yang ada jok belakangnya walaupun tempo doeloe, atau bisa dipasangi jok belakang sendiri, atau bisa pake sepeda tandem yang punya jok dua dan pedal dua pasang. Itu semua mungkin sudah dirancang untuk keromantisan berpasang-pasang hati di dunia ini. Tapi harus nikah dulu ya.



dan mungkin masih banyak lagi kelebihan bersepeda yang belum disebutkan. 
sumber : imajinasi sendiri